- Pelajari bagaimana gerakan tiap-tiap buahTiap buah bergerak dengan cara yang berbeda. Oleh karena itu, sebelum Anda bermain catur, anda harus lebih tau dulu bagaimana gerakan tiap-tiap buah :
buah-buah catur
-
Pion (Pawn): Buah paling dasar dalam permainan (ada 8 buah). Pada gerakan pertamanya, Pion bisa bergerak ke depan satu atau dua
kotak, namun hanya boleh maju satu kotak setelah itu. Pion tidak bisa mundur apabila telah maju, dan satu lagi kalau ingin memaka buah lawan dilakukan secara silang baik ke kiri maupun ke kanan
pion (pawn) -
Benteng (Rook): Buah ini berbentuk seperti menara istana. Benteng bisa
bergerak secara horizontal dan vertikal sejauh mungkin.
benteng (rook) -
Kuda (Knight): Berbentuk seperti seekor kuda dan merupakan buah
yang paling rumit. Kuda bergerak dengan bentuk ‘L’ yang terdiri dari dua
kotak horizontal lalu satu kotak vertikal, atau satu kotak horizontal
dan dua kotak vertikal, ke arah manapun. Kuda merupakan “satu-satunya
buah yang bisa melompati buah lain”. Kuda hanya menyerang buah yang berada
di kotak yang ditempatinya.
kuda (knight) -
Gajah (Bishop): Buah ini hanya bisa bergerak secara diagonal,
namun bisa bergerak sejauh mungkin hingga menyerang.
gajah (bishop) -
Ratu (Queen): Ia merupakan buah yang paling berkuasa (biasanya
memiliki mahkota yang lebih feminin). Ia bisa bergerak secara
horizontal, vertikal, maupun diagonal sejauh mungkin dan menyerah dari
arah tersebut pula.
menteri (queen) -
Raja (King): Raja hanya bisa bergerak satu kotak ke arah manapun
dan menyerang dengan cara yang sama. Raja merupakan buah yang Anda “tidak ingin
kehilangan bagaimanapun caranya”, karena itu akan membuat Anda kalah
dalam permainan.
raja (king) - Point masing-masing buah catur
- Raja : tidak terhingga nilainya, sangat berharga dan harus dilindungi.
- Ratu : memiliki nilai 9, merupakan buah yang paling serba guna dan paling bermanfaat untuk melinsungi buah, dan sering digunakan untuk cabang/serangan berganda (forking). Ratu mengkombinasikan kekuatan gajah dan benteng dalam satu buah. Ia dianggap paling berharga, disamping Raja.
- Kuda : memiliki nilai 3, sangat unggul untuk serangan tiba-tiba dan fork. Pole gerakannya sering dilewati dan membingungkan untuk pemain pemula.
- Gajah : memiliki nilai 3, biasanya unggul pada posisi terbuka. Namun banyak pemain pemula terkadang meremehkan gajah dan tidak mempergunakannya dengan maksimal.
- Benteng : memiliki nilai 5, kuat dan memiliki jarak bergerak yang panjang. Mereka paling bagus pada barisan terbuka.
- Pion : memiliki nilai 1, mungkin terlihat tidak penting, namun ia bisa sangat bagus untuk memerangkap lawan saat dikorbankan untuk menangkap buah yang lebih berharga. Jika dimainkan dengan tepat, sebuah pion bahkan bisa men-skak mat Raja!
2. Mengerti apa-apa saja yang ada didalam permainan catur?Para readers, kamu semua yang pengen tau gimana sih cara main catur? atau kamu suka kebingungan kalau orang lain main catur sementara kamu cuma bengong aja? disini aku bakalan ulas semuanya ya readers :)~Apa itu Skak?Saat Raja Anda kena skak, Anda harus bergerak keluar dari skak pada langkah selanjutnya. ada 3 metode :
- Dengan memindahkan Raja Anda ke kotak aman. Kotak yang aman adalah kotak dimana Raja Anda tidak di bawah skak.
- Dengan menangkap buah yang melakukan skak.
- Dengan menghalangi dengan salah satu buah Anda. Ini tidak bisa dilakukan dengan Pion atau Kuda.
- Jika Anda tidak bisa melakukan salah satu hal di atas, dan Raja Anda masih terkena skak, permainan berakhir dan Anda kalah.
- ~Rokade
Contoh rokadeRokade (dalam bahasa Inggris, castling) merupakan gerakan khusus dalam catur di mana Raja bergerak dua petak menuju Benteng di baris pertamanya, kemudian meletakkan Benteng pada petak terakhir yang dilalui Raja. Persyaratan rokade adalah sebagai berikut:
- Bidak Raja dan Benteng yang akan dilibatkan dalam rokade harus belum pernah bergerak
- Tidak ada bidak lain di antara Raja dan Benteng
- Raja tidak sedang di-skak, dan petak-petak yang dilalui Raja tidak sedang diserang oleh bidak lawan
Hal-hal berikut ini merupakan kesalah pengertian dalam rokade, yang semestinya tidak berlaku:- Bidak benteng yang terlibat rokade sedang diserang
- Jika benteng yang dilibatkan berada di sisi Ratu, petak yang berada persis di samping Benteng tersebut tidak boleh dalam serangan
En passantContoh gerakan pion: promosi (kiri) dan en passant (kanan)Ketika pion bergerak dua petak maju dan ada pion lawan yang berada satu petak dalam baris tujuan, maka pion lawan dapat menangkap dan menempati petak yang baru saja dilalui pion tersebut (seolah-olah pion tersebut bergerak satu petak maju). Namun demikian, gerakan ini hanya dapat dilakukan sesaat setelah gerakan pion maju dua petak, atau hak lawan untuk melakukan gerakan en passant ini hilang.PromosiKetika pion telah maju hingga menempati baris paling akhir, berbarengan dengan gerakan maju tersebut, pion dipromosikan dan harus ditukar dengan bidak berdasarkan keinginan pemain, yaitu Ratu, Benteng, Gajah, ataupun Kuda dengan warna yang sama. Pada umumnya, pion dipromosikan menjadi Ratu. Tidak ada peraturan yang membatasi bidak yang dipilih sebagai promosi, jadi dimungkinkan memiliki bidak yang melebihi jumlahnya waktu awal permainan (semisal, dua Ratu).
Ketika Raja sedang diserang oleh satu atau lebih bidak lawan, keadaan ini disebut dengan skak. Pemain yang Rajanya diskak harus menggerakkan Rajanya supaya tidak terserang. Hal ini dapat dilakukan dengan menangkap bidak lawan yang menyerang, menutup serangan lawan dengan menempatkan sebuah bidak di antaranya (apabila yang menyerang Ratu, Benteng, atau Gajah dan ada petak kosong di antara Raja dan bidak lawan), atau memindahkan Raja ke petak yang tidak sedang diserang. Rokade tidak diijinkan apabila Raja sedang diskak.Akhir PermainanTujuan permainan adalah mencapai posisi skak mat. Hal ini bisa terjadi bila Raja terancam dan tidak bisa menyelamatkan diri ke petak lain. Tidak selalu permainan berakhir dengan kekalahan, karena bisa terjadi pula peristiwa seri atau remis di mana kedua belah pihak tidak mampu lagi meneruskan pertandingan karena tidak bisa mencapai skak mat. Peristiwa remis ini bisa terjadi berdasarkan kesepakatan maupun tidak. Salah satu contoh remis yang tidak berdasarkan kesepakatan - tetapi terjadi adalah pada keadaan remis abadi. Keadaan remis yang lain adalah keadaan pat, dimana yang giliran melangkah tidak bisa melangkahkan buah apapun termasuk Raja, tetapi tidak dalam keadaan terancam skak. Dalam pertandingan catur pihak yang menang biasanya mendapatkan nilai 1, yang kalah 0, sedang draw 0.5
-
Pion (Pawn): Buah paling dasar dalam permainan (ada 8 buah). Pada gerakan pertamanya, Pion bisa bergerak ke depan satu atau dua
kotak, namun hanya boleh maju satu kotak setelah itu. Pion tidak bisa mundur apabila telah maju, dan satu lagi kalau ingin memaka buah lawan dilakukan secara silang baik ke kiri maupun ke kanan
Kamis, 07 Mei 2015
Tips bermain catur bagi pemula
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Mr. Casinos, Games and More - Dr. Maryland
BalasHapusCasino 여주 출장마사지 games, 김해 출장샵 including Slots, Roulette, Blackjack, Keno, Keno and Video 상주 출장안마 Poker. 세종특별자치 출장샵 and the only slot machines on the market 천안 출장안마 with any jackpots.